Minggu, 31 Januari 2016

Khasiat Okra Sebgai Pengendali Kenacing Manis

Khasiat Okra Sebgai Pengendali Kenacing Manis

Diabetes bukanlah penyakit yang mudah disembuhkan secara sepenuhnya. Satu-satunya cara untuk hidup sehat adalah dengan cara mengendalikannya. Suntikan insulin tidaklah cukup bagi penderita diabetes, mereka juga harus mengendalikan makanan yang dikonsumsi.

Dengan okra misalnya, sayuran yang dikenal dengan "lady fingers" ini dipercaya dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Sayuran warna hijau ini sebelumnya juga telah ada sejak zaman Cleopatra.

Berikut ini adalah cara mengkonsumsi okra untuk penderita diabetes, seperti yang dilansir Boldsky:

1. Ambil dua buah okra, buang bagian pangkalnya.

2. Biarkan cairan putih lengket, seperti lendir keluar dari okra. Jangan mencucinya.

3. Potong-potong okra dengan ukuran kecil, masukkan dalam gelas dan tutup. Lakukan ini pada saat Anda akan tidur atau malam hari.

4. Usai bangun tidur, minum air rendaman okra hingga habis.

5. Lakukan secara rutin untuk mengendalikan gula darah.

6. Okra mentah akan lebih banyak memberikan keuntungan kesehatan dari pada Anda mengolahnya dalam masakan.

Nutrisi lain okra diantaranya:
Glicemic Index (GI)

Glicemic Index (GI) adalah ukuran seberapa cepat karbohidrat dalam makanan dapat berubah menjadi gula dalam darah. Jika Anda mengkonsumsi okra secara teratur, Anda dapat mengendalikan gula dalam darah serta berat badan. Sayuran berbentuk panjang ini memiliki GI di bawah 20, yang dianggap sebagai "low GI", seperti yang dilansir Live strong.

Serat mudah larut

Hampir 50 persen dari serat yang ditemukan dalam okra adalah serat larut. Jenis serat ini dapat memperlambat pencernaan, dan memperlambat peningkatan gula darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar