Senin, 01 Februari 2016

Inilah Khasiat Okra Bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda dengan jenis sayuran yang satu ini ? Sayuran hijau yang satu ini sering disebut Okra. Okra adalah salah satu jenis sayuran yang menghasilkan polong untuk dikonsumsi. Sayuran jenis ini seringkali kita jumpai pada sup atau jenis sayuran yang ditumis.



Okra merupakan salah satu sumber gizi yang sangat tinggi yang sejak dahulu, selain sebagai santapan atau kuliner orang memanfaatkan okra juga untuk pengobatan. Sampai saat ini pun masih banyak orang yang menyukai makan okra untuk alasan manfaat kesehatan dan alasan citarasanya yang sedap. Okra dikenal akan kandungan vitamin C-nya yang  tinggi, vitamin K, dan kandungan folat. Sayuran polong ini juga dikenal karena keunggulan serat didalamnya, yang bermanfaat membantu pencernaan, menstabilkan gula darah, dan membantu mengontrol tingkat penyerapan gula.

Jumlah dan kadar nutrisi okra atau makanan lain bisa beragam, tergantung bagaimana cara mengkonsumsinya – namun beberapa nutrisi penting dalam sayuran mungkin tetap sama. Berikut ini adalah beberapa vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang paling dominan yang ditemukan dalam okra . Seratm Vitamin C, Folat, Vitamin A, Vitamin K, Niacin atau Vitamin B3, Tiamin atau B1, Vitamin B6, Magnesium, Mangan, Zat besi, Betakaroten, Lutein dan zeaxantin. Seperti telah disebutkan bahwa Okra kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi yang penting untuk kesehatan tanaman yang ditawarkan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan okra  :

1.Menjaga Kehamilan Tetap Sehat 

Vitamin B merupakan vitamin yang sangat penting untuk memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru, dan folat khususnya merupakan senyawa penting untuk kehamilan yang optimal. Vitamin ini membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida dan membantu bayi untuk dapat tumbuh opetimal. Vitamin C juga penting untuk perkembangan janin, dan okra kaya keduanya yaitu folat dan vitamin C.

2. Mencegah Diabetes

Berdasarkan serat dan nutrisi lainnya, okra bisa bermanfaat sebagai penurun gula darah sehingga membantu diabetes.

3. Dapat Meringankan Penyakit Ginjal

Satu studi yang diterbitkan pada Oktober 2005 di Journal Jilin Medical  menemukan bahwa mengkonsumsi okra rutin dapat membantu mencegah penyakit ginjal. Dalam studi tersebut dikatakan bahwa orang yang makan okra setiap hari terkurangi tanda-tanda klinis kerusakan ginjal lebih banyak daripada mereka yang hanya makan diet untuk diabetes. Hal  Ini juga ada katannya dengan diabetes, karena hampir 50% kasus penyakit ginjal awalnya disebabkan oleh diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Usus 

Okra kaya akan serat yang sangat penting untuk kesehatan usus dan juga kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Serat dalam Okra akan membantu untuk membersihkan sistem pencernaan, dan memungkinkan usus besar bisa bekerja secara optimal dan  efisiens. Selain itu, vitamin A yang juga banyak ditemukan dalam okra bermanfaat untuk kesehatan selaput lendir sehat, yang membantu saluran pencernaan untuk bekerja secara tepat.

5. Mengurangi Masalah Pernapasan

Okra mengandung vitamin C, nutrisi yang telah terbukti membantu masalah pernapasan seperti asma. Suatu studi menyimpulkan bahwa mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C, bahkan dalam tingkat asupan yang rendah, dapat mengurangi gejala sesak nafas terutama pada anak atau individu yang rentan.

6. Membuat Kulit Tetap Sehat

dan tegas.Vitamin C membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh,  mempengaruhi pembentukan kolagen dan pigmentasi kulit, dan membantu meremajakan kembali kulit yang rusak. Caranya adalah rebus segenggam okra sampai lunak. Setelah itu biarkan dingin, mash, dan aplikasikan ke wajah Anda sebagai masker. Setelah 5 menit, kulit  akan terasa halus dan remaja kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar